Friday, March 1, 2013

Camilan yang laris dijual

Bisnis camilan adalah usaha rumah tangga yang gampang-gampang susah. Di samping membutuhkan kerja keras, kecermatan dalam menentukan jenis dagangan sangat mempengaruhi laku tidaknya camilan yang kita buat. Beberapa jenis snack goreng gurih yang layak jual antara lain: segala jenis kerupuk ikan/ udang yang dikemas dalam plastik atau dititipkan ke berbagai warung makan dalam kaleng yang salah satu sisinya dipasangi kaca. Keripik singkong atau yang terbuat dari bahan alami lainnya juga layak dipertimbangkan sebagai dagangan yang digemari oleh masyarakat
Di samping itu, ada juga beberapa macam camilan yang memiliki potensi untuk menarik pembeli. Bila Anda membuka gerai di pasar atau di mall, berikut ini adalah sejumlah camilan yang perlu dicoba:
  • Pangsit otak-otak. Bahan dasarnya adalah daging tenggiri, putih telur, bawang merah dan bawang putih, garam, gula pasir, tepung tapioka, tepung terigu, santan, kulit pangsit, dan minyak goreng. Untuk saus, bahan utamanya adalah kacang tanah, cabai rawit, dan cuka. Anda bisa bereksperimen didapur untuk mencari perbandingan atau resep yang pas untuk mendapatkan cita rasa yang lezat.
  • Kroket nasi tuna pedas. Isi koret antara lain: ikan tuna asap yang disuwir-suwir, kemangi, daun jeruk, bawang merah dan putih, kemiri, garam, dan gula pasir. Sedangkan pembungkusnya adalah tepung terigu dan tepung roti kasar. Nasi yang dipakai untuk membalut tuna perlu ditambahi tepung terigu dan santan serta sedikit garam agar terasa lebih gurih.
  • Bala-bala udang. Snack ini mudah dibuat. Wortel, buncis dan taoge serta udang kupas merupakan bahan isi sedangkan tepung terigu protein serta telur yang dicampur dengan bawang iris serta merica merupakan bahan pengikatnya. Setelah diracik semuanya, bala-bala udang bisa digoreng.
Masih ada banyak lagi jenis snack atau camilan yang digemari oleh masyarakat jika kita mampu membuat dan menjualnya. Untuk penjelasan lebih mendetail, saya sarankan agar Anda membaca buku: Snack Goreng Gurih Layak Jual, karya Nursaadah - terbitan Gramedia April 2011.

No comments:

Post a Comment