Saturday, November 10, 2012

6 Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga


Ada banyak peluang bisnis bagi ibu rumah tangga untuk bekerja sambil mengasuh anak. Bercita-cita menjadi pengusaha merupakan hal yang mudah tetapi memilih jenis pekerjaan atau bisnis apa yang akan digeluti merupakan hal yang tidak mudah. Berikut ini adalah beberapa ide yang bisa membantu para ibu rumah tangga untuk membuka usaha kecil di rumah:

1. Toko Online
Membuka toko online merupakan pilihan usaha yang sangat menjanjikan pada saat ini. Produk yang banyak dicari orang antara lain buku, pakaian serta obat herbal. Untuk membuka toko online, seorang ibu rumah tangga modern tidak perlu memiliki pengetahuan IT yang tinggi. Dewasa ini software open source untuk membuka toko di internet sudah tersedia secara gratis dan bisa diinstal langsung jika seseorang telah membeli paket webhosting yang telah dilengkapi dengan fasilitas Fantastico atau Softaculous. Tentunya pemilik toko online perlu menyediakan produk yang hendak dijual tersebut dan mempromosikannya di websitenya. Karena toko online memerlukan pembahasan yang lebih khusus lagi maka saya akan mengulasnya secara panjang lebar dalam artikel saya yang lain tentang peluang usaha kecil di dunia maya ini.

2. Seniman
Anda suka melukis, menganyam atau menenun? Ketrampilan ini bisa memberi penghasilan tambahan. Saya mengenal seorang nenek di Papua yang bekerja sebagai penenun kain di rumahnya sendiri. Namanya Marice Fonataba. Ibu Marice sering dikunjungi oleh wisatawan asing yang datang untuk membeli suvenir di rumahnya. Produk cinderamata yang dijualnya tidak terbatas pada kain tenun saja tetapi juga asesoris-asesoris seperti gelang, atau kalung yang bahan bakunya adalah manik-manik. Ibu Marice juga membuat tas yang dianyam dari daun pandan. Semua kerja keras beliau berhasil mendatangkan penghasilan. Salah satu faktor utama yang menyebabkan ibu Marice sukses menjual produk kerajinan tangannya kepada para wisatawan asing adalah karena profil pribadinya telah dimuat di internet oleh blog manokwaripapua.blogspot.com. 
3. Usaha Penjahitan Pakaian
Meskipun usaha ini tergolong kurang menarik karena berlimpahnya pakaian jadi di berbagai department store, profesi tukang jahit tetap dibutuhkan oleh masyarakat. Kantor-kantor pemerintah maupun swasta yang memberlakukan pemakaian seragam kepada para karyawannya merupakan target pasar yang bisa mendatangkan penghasilan hingga jutaan rupiah setiap bulan. Untuk memulai usaha ini, seorang ibu rumah tangga memerlukan peralatan jahit-menjahit seperti mesin jahit, gunting, jarum, setrika, meteran dan bahan-bahan tekstil dan peralatan konveksi yang bisa dibeli di toko kain.
4. Membuka les privat di rumah
Saat ini banyak keluarga muda yang tidak memiliki waktu untuk membantu menjelaskan berbagai materi pelajaran sekolah yang kurang dimengerti oleh anak-anak mereka. Oleh karena itu, peluang pasar untuk les matematika, bahasa Inggris maupun musik cukup tinggi. Modal yang dibutuhkan untuk membuka kursus atau les privat sangatlah kecil. Cara memasarkan jasa ini juga tidak terlalu sulit. Anda hanya mencetak pengumuman di secarik kertas dan menempekannya di pagar rumah untuk memudahkan orang yang lalu lalang membacanya. Kalau peserta les ada 5 orang dengan jumlah pertemuan sebanyak 3x seminggu maka jumlah penghasilan yang diterima bisa mencapai antara Rp. 500.000 hingga Rp. 1500.000 per bulan. Ini merupakan penghasilan tambahan yang bisa membantu perekonomian keluarga.
5. Hairdresser/ Penata rambut
Profesi ini juga cukup menguntungkan bahwa ibu rumah tangga yang memiliki ketrampilan menata rambut. Membuat orang tampil lebih cantik merupakan sebuah keahlian tersendiri yang tidak dimiliki oleh setiap orang. Oleh karena itu, seorang penata rambut harus juga memiliki pengetahuan tentang kosmetologi disamping ketrampilan dasar dalam memotong, mewarnai dan menata rambut seorang klien.
6. Periklanan
Jika Anda suka menulis membaca buku dan berbagi pengalaman hidup berumah tangga atau mengasuh anak lewat media sosial di Facebook, cobalah membuat website. Caranya mudah sekali. Kunjungi blogger.com atau sites.google.com. Buatlah account baru dan mulailah menulis kisah pengalaman Anda tersebut. Share pula tulisan tersebut di akun Facebook maupun Twitter kepada teman-teman untuk menarik semakin banyak orang membaca tentang cerita itu. Ada baiknya bila cerita tersebut ada hubungannya dengan produk alat rumah tangga, pakaian anak, ataupun kendaraan yang Anda pakai saat pergi berbelanja di supermarket. Artikel yang juga diminati pembaca adalah produk bahan pangan yang Anda beli dan menu makanan yang Anda buat darinya. Tidak ada salahnya kalau Anda berbagi resep kue dan cara pembuatannya di blog atau website tersebut. Ketika pengunjung blog semakin banyak, silahkan mendaftar di sitti.co.id atau kliksaya.com. Ada juga perusahaan periklanan lainnya yang bisa dijadikan sumber penghasilan sampingan lewat kerjasama iklan PPC (Pay Per Click). Ketika telah mendaftar, Anda akan mendapat kode html yang bisa dipasang di template blog. Sesaat setelah kode itu terpasang, Anda bisa melihat iklan dari perusahaan iklan PPC tersebut muncul di blog Anda. Setiap kali orang mengklik iklan tersebut Anda akan mendapat penghasilan. Bila dalam sebulan jumlah kliknya cukup tinggi maka Anda bisa menerima penghasilan sampingan yang besarannya berkisar dari beberapa puluh ribu hingga jutaan rupiah per bulan. oleh LCR

1 comment:

  1. numpang lewat gan/ganwati.mau $$$$$$$ gratis buruan daftar di http://www.neobux.com/?rh=424F42593132.udah terbukti membayar mebernya sejak tahun 2007.pembayaran instan,maksudnya jika anda meminta pembayaran pada saat itu juga akan dibayar.makasih gan tumpangannya..

    ReplyDelete